Monday, March 15, 2010

Safety Riding

Jalanan merupakan Rimba belantara bagi para penggunanya. Siapa yang kuat, maka dia yang menang dan menjadi penguasa jalanan. Mobil pejabat, aparat, ambulance, truk besar, bus besar maupun minibus (metro mini) , merupakan raja jalanan.

Untuk para pengendara motor, bukanlah raja jalanan, karena posisinya merupakan yang paling lemah. Bayangkan sajah, banyak sekali motor dijalanan, dengan alasan waktu, bisa nyelip kanan kiri. Tapi apa yang terjadi sa'at nyelip, lalu mobil yang motor selip goyang sedikit sajah, sudah pasti si motor akan tumbang.

Lalu seperti apa cara mengendara yang aman di belantara Jakarta ini. Berikut sedikit tips n triks nya :

1. Pakailah perlengkapan motor yang lengkap, seperti helm standart, sarung tangan, jaket, celana panjang, masker, dan juga sepatu. Jangan anggap remeh perlengkapan tersebut, karena itu bisa menyelamatkan kulit dan nyawa kita.

2. Nyalakan lampu, baik siang hari ataupun malam hari. Karena, dengan menyalakan lampu, maka kendaraan di depan kita bisa melihat jelas di spion, bahwa kita ada dibelakangnya.

3. Nyalakan lampu sign, setiap mau belok atau pun menyelip kendaraan depan kita. Agar kendaraan di belakang kita tahu bahwa kita akan berpindah posisi jalan. Jadi kita tidak akan ditabrak.

4. Jangan lupa membunyikan klakson setiap mau mendahului kendaraan lain. Fungsinya agar kendaraan yang akan kita dahului tidak kaget, dan tahu kita akan mendahuluinya.

5. Tetap fokus. Biasanya kalau ada yang menarik dipinggir jalan, sepersekian detik sajah kita menengok, maka sepersekian detik itulah nyawa kita dipertaruhkan.

6. Dari pada ngebut, lebih baik mencari jalan tikus, untuk mempercepat waktu tempuh.

7. Kalau capek, ngantuk, atau lagi banyak masalah, sebaiknya taruh motor anda ditempat parkir, jangan lupa pasang kunci ganda, lalu stop kendaraan umum yang lewat yang menuju tempat tujuan anda. Ambil motor anda sa'at badan dan pikiran anda sudah segar.

8. Selalu berdo'a :)

Semoga aman di jalan, dan berhati2. Nyawa kita sangat lah berharga...

4 comments:

Bas said...

ning jakarta susah ngebut, lha wong macet terooos mbakayuu wahahaha

catlover said...

Emang ngga bisa ngebut kalo di Jakarta. Tapi beruntung ada jalur busway, yang sangat membantu. Minimal seperti sirkuit Sentul :p (*ma'af ya Om Polisi ^_^)

zora said...

jalur busway dipake bwt ngebut yah yu? waaaa...hati2...

catlover said...

@Yuni : Jalur busway adalah surga / sirkuit bagi para pengendara motor :p