Friday, March 13, 2009

Nyeri Haid... Nggak Deh...


Buat para perempuan, sebagian besar pernah mengalami nyeri haid. Ada yang tiap bulan harus menderita nyeri haid, ada yang hanya dalam kondisi tertentu saja merasakan sakit, misalnya saat kecapekan atau kurang makan-makanan bergizi. Karena nyeri haid adalah hal yang wajar asal tidak terlalu berlebihan rasa sakitnya.

Untuk itu, kita sebagai perempuan harus rajin mencatat jadwal2 haid kita. Karena dengan tahu siklus haid, maka akan memudahkan kita mengecek apakah haid kita normal atau tidak. Berikut ini tips2 untuk menghindari nyeri haid.

1. Jangan memakan makanan yang terlalu pedas menjelang jadwal haid kita. Hal ini dimaksudkan agar nyeri haid tidak bercampur dengan mulas perut. Karena bila nyeri haid dan mulas perut bercampur, rasanya akan sakit sekali. Selain itu kita tidak bisa membedakan antara nyeri haid dengan mulas perut karena pedas.

2. Banyak makan makanan bergizi. Contohnya banyak makan sayur dan buah-buahan. Karena setiap haid, maka tubuh kita akan bekerja extra keras untuk meregenerasi sel2 yang baru. Oleh karena itu diperlukan gizi yang cukup agar tubuh kita tidak mengambil zat2 yang ada dari tubuh kita.

3. Minum kunyit. Ini sih lebih tradisional. Tapi dari pada kita harus meminum obat2 an yang mengandung zat kimia, lebih baik kita tradisional saja. Bila nyeri haid muncul, maka kita bisa mereda sakitnya dengan memarut kunyit, lalu diseduh dengan air panas dan diberi sedikit gula. Untuk yang tidak suka rasa kunyit (sengir), maka dapat ditambah asam, sehingga rasanya menjadi asam manis. Lalu diminum saat hangat.

4. Hindari makanan mengandung pengawet, contoh mie instan. Karena makanan ini tidak baik untuk tubuh kita. Saya kurang tahu secara ilmiah, tapi dari pengalaman pribadi, setiap makan mi instan menjelang haid, maka saya akan merasakan nyeri haid. Padahal biasanya tidak pernah merasakan sakit pada kondisi normal.

5. Nah yang terakhir ini sih yang biasa kita lakukan. Yaitu jangan lupa rajin membersihkan dan merawat "tubuh" kita.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi kita semua

No comments: